Kamis, 11 Oktober 2012

Sejarah Turbo Jet 2

Perkembangan Mesin Jet
Sedikit penambahan dari saya, yang ingin  melanjutkan  mengenai masalah Turbo Jet pada mesin pesawat, setelah mendapatkan informasi lagi dari rekan saya yang bernama Capt.Alex  mengenai mekanisme kerja Turbo Jet,ternyata memliki masing-masing jenis yang berbeda seperti :

Boeing 787 DreamLiner 

 http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/787.jpg

Gambar mesin turbo jet : 

http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/turbojet1.gif

Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi. Contoh dari mesin ini adalah mesin Rolls-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde. 

Selain menggerakan pesawat, mesin ini juga bisa dipakai untuk menggerakan kereta api dan kapal laut, contohnya mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi. 

Turbojet terdiri dari saluran masuk udara, kompresor udara, ruang pembakaran, turbin gas (yang menggerakkan kompresor udara) dan nozzle. 

Udara dikompresi ke dalam ruang bakar, dipanaskan dan dimuaikan dengan sangat cepat akibat proses pembakaran bahan bakar dan kemudian udara panas tersebut dibiarkan mengalir menuju turbin dengan kecepatan tinggi untuk memberikan propulsi yang kemudian digunakan untuk memutar kompresor.

Mesin Turbofan : http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/turbofun.gif
http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/turbofan2.gif

Mesin turbofan ada tipe mesin jet pesawat terbang yang mirip dengan mesin turbojet. Mesin ini umumnya terdiri dari sebuah kipas internal dengan sebuah turbojet kecil yang terpasang dibelakangnya untuk menggerakkan kipas tersebut. 

Aliran udara yang masuk melalui kipas ini melewati turbojet, dimana sebagian kecil udara itu dibakar untuk menghidupi kipas, dan sisa udara digunakan untuk menghasilkan dorongan.

Semua mesin jet yang digunakan untuk pesawat jet komersial masa kini adalah mesin turbofan. Mesin ini lebih banyak digunakan karena sangat efesien dan relatif menghasilkan suara yang lebih kecil.


http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/turboprop1.png http://i1247.photobucket.com/albums/gg639/memet24/turboprop2.gif

Mesin Turboprop adalah mesin pesawat terbang dengan turbin gas terhubung ke baling-baling. Turbin gas dirancang khusus untuk keperluan ini, dengan hampir semua keluarannya digunakan untuk memutar baling-baling. Gas keluaran turbin mengandung energi yang kecil dibandingkan dengan turbojet dan berperan kecil dalam mendorong pesawat.

Itulah penambahan sedikit mengenai mesin yang berbeda yang saya ketahui,mohon dikoreksi bila ada kekeurangan ataupun penambahan dari artikel ini'


Semoga bermanfaat untuk pembaca generasi pilot Indonesia.

"Salam terbang"


Franz de Assiz
(wakei memau)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar