Perkembangan Mesin Jet
Sedikit penambahan dari saya, yang ingin melanjutkan mengenai
masalah Turbo Jet pada mesin pesawat, setelah mendapatkan informasi lagi
dari rekan saya yang bernama Capt.Alex mengenai mekanisme kerja Turbo
Jet,ternyata memliki masing-masing jenis yang berbeda seperti :
Boeing 787 DreamLiner
Gambar mesin turbo jet :
Mesin
turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk
pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi.
Contoh dari mesin ini adalah mesin Rolls-Royce Olypus 593 yang digunakan
untuk pesawat Concorde.
Selain menggerakan pesawat, mesin ini juga bisa
dipakai untuk menggerakan kereta api dan kapal laut, contohnya mesin
Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara
dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern
dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi.
Turbojet terdiri dari saluran masuk udara, kompresor udara, ruang
pembakaran, turbin gas (yang menggerakkan kompresor udara) dan nozzle.
Udara dikompresi ke dalam ruang bakar, dipanaskan dan dimuaikan dengan
sangat cepat akibat proses pembakaran bahan bakar dan kemudian udara
panas tersebut dibiarkan mengalir menuju turbin dengan kecepatan tinggi
untuk memberikan propulsi yang kemudian digunakan untuk memutar
kompresor.
Mesin Turbofan : 

Mesin
turbofan ada tipe mesin jet pesawat terbang yang mirip dengan mesin
turbojet. Mesin ini umumnya terdiri dari sebuah kipas internal dengan
sebuah turbojet kecil yang terpasang dibelakangnya untuk menggerakkan
kipas tersebut.
Aliran udara yang masuk melalui kipas ini melewati
turbojet, dimana sebagian kecil udara itu dibakar untuk menghidupi
kipas, dan sisa udara digunakan untuk menghasilkan dorongan.
Semua
mesin jet yang digunakan untuk pesawat jet komersial masa kini adalah
mesin turbofan. Mesin ini lebih banyak digunakan karena sangat efesien
dan relatif menghasilkan suara yang lebih kecil.
Mesin
Turboprop adalah mesin pesawat terbang dengan turbin gas terhubung ke
baling-baling. Turbin gas dirancang khusus untuk keperluan ini, dengan
hampir semua keluarannya digunakan untuk memutar baling-baling. Gas
keluaran turbin mengandung energi yang kecil dibandingkan dengan
turbojet dan berperan kecil dalam mendorong pesawat.
Itulah
penambahan sedikit mengenai mesin yang berbeda yang saya ketahui,mohon
dikoreksi bila ada kekeurangan ataupun penambahan dari artikel ini'
Semoga bermanfaat untuk pembaca generasi pilot Indonesia.
"Salam terbang"
Franz de Assiz
(wakei memau)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar